Sharing dan Dialog: Peningkatan Kompetensi Pendidik di Pesantren Al Wafi

Depok, 19 April 2024 – Pesantren Al Wafi telah menyelenggarakan sesi sharing dan dialog yang berfokus pada penguatan konsep pembelajaran dengan pendekatan holistik, harmonis, dan exemplary. Acara ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh santri dan dihadiri oleh divisi pendidikan dan pengasuhan Pesantren Al Wafi IBS.

Sesi pertama dibawakan oleh Ustadz Zainal Abidin, Lc., yang menekankan pentingnya peran seorang pendidik sebagai qudwah (contoh) bagi para santri. Beliau mengajak para pendidik untuk memberikan contoh terbaik dalam semua aktivitas, menjalankan amanah dengan ikhlas, dan senantiasa bersyukur.

Pendekatan sharing dan dialog yang diterapkan dalam acara ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Melalui berbagi pengalaman dan berdiskusi secara terbuka, para pendidik dapat saling belajar dan memperkaya wawasan mereka dalam menghadapi tantangan pembelajaran.

Sesi kedua diisi oleh Ustadz M. Suja’i Anhar, Lc., yang memaparkan pendekatan pembelajaran yang memadukan metode Behaviourisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Multi Pendekatan. Dengan menggabungkan berbagai pendekatan ini, Pesantren Al Wafi mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi setiap santri.

Acara ini ditutup dengan ajakan untuk bersama-sama menjawab tantangan sebagai pendidik dan musrif, serta berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa.

Al Wafi Islamic Boarding School: Active Learning & Islamic Character Integrated

Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School didirikan dengan visi untuk memberikan pendampingan kepada santri sesuai dengan minat, bakat, dan kecerdasan mereka. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan dilandasi oleh nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah, sehingga santri tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik, tetapi juga pembentukan karakter Islami yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *